5 Cara Untuk Menjaga Baik Kondisi Mata

Pernahkah Anda memikirkan seberapa sering kita berkedip? Rata-rata, sekitar 15 kali permenit. Ini adalah cara alami tubuh kita untuk menjaga mata kita tetap lembab, mencegahnya mengering, dan menjaganya dari iritasi.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa kita berkedip jauh lebih sedikit dari biasanya ketika kita menatap layar komputer dengan seksama. Akibatnya, mata kita mengering lebih cepat, berpotensi menyebabkan rasa gatal, iritasi, dan ketidaknyamanan.

Lebih dari itu, cahaya terang dari layar komputer kita menambah ketegangan, membuat kita lebih sulit untuk fokus. Ini kadang-kadang dapat menyebabkan sakit mata, sakit kepala dan bahkan sakit leher. Kondisi ini dapat diperburuk oleh hal-hal yang tampaknya tidak berbahaya seperti cahaya yang memantulkan dinding atau jendela di kantor.

Ada istilah medis untuk ini, dan itu disebut Computer Vision Syndrome (sindrom penglihatan komputer).

Apa itu sindrom penglihatan komputer?

Menurut American Optometric Association, “Computer Vision Syndrome, juga disebut sebagai Digital Eye Strain, menggambarkan sekelompok mata dan masalah terkait penglihatan yang dihasilkan dari penggunaan komputer, tablet, e-reader, dan penggunaan ponsel yang berkepanjangan. Banyak orang mengalami ketidaknyamanan mata dan masalah penglihatan saat melihat layar digital untuk waktu yang lama. Tingkat ketidaknyamanan tampaknya meningkat dengan jumlah penggunaan layar digital. “

Computer vision syndrome muncul dengan berbagai gejala, dan jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu di depan layar, Anda mungkin mengalami salah satu dari gejala berikut:

  • Penglihatan kabur
  • Visi ganda
  • Mata merah, gatal
  • Mata lelah
  • Mata berkedut
  • Sakit kepala
  • Nyeri leher dan punggung

Berita baiknya adalah bahwa sindrom penglihatan komputer dapat dikurangi dengan beberapa penyesuaian sederhana terhadap lingkungan atau kebiasaan sehari-hari Anda.

1. Pindahkan monitormu

Sangat menyenangkan memiliki kantor dengan pemandangan yang bagus, tetapi sorotan dari cahaya di luar dapat semakin membuat mata Anda tegang. Coba pindahkan monitor Anda menjauh dari jendela atau, jika itu tidak memungkinkan, pasang tirai untuk menghalangi sebagian cahaya. Studi menunjukkan bahwa yang terbaik adalah memposisikan monitor komputer Anda antara 50 – 71 cm dari wajah Anda, jadi setel meja Anda dengan tepat. Pastikan monitor Anda berada pada ketinggian yang tepat, jadi Anda tidak perlu meregangkan leher Anda ke posisi yang canggung untuk melihat layar Anda. Sulit membaca dengan layar lebih jauh? Coba tambah ukuran teks daripada mendekatkan monitor ke Anda.

2. Beristirahat secara teratur dari layar

Penelitian menunjukkan Anda dapat mengurangi tingkat ketegangan mata dengan mengambil setidaknya istirahat lima menit sehari selain istirahat makan siang setengah jam.

Jika Anda tidak bisa sering menjauh dari meja Anda, cobalah berolahraga. Ikuti aturan 20-20-20. Setiap 20 menit, pandangi objek yang setidaknya berjarak 20 kaki dari Anda selama 20 detik. Ini melemaskan otot-otot mata yang Anda gunakan untuk fokus dan membantu menjaga mata Anda lebih lama waspada.

3. Dapatkan sepasang kacamata yang sesuai

Pastikan resep kacamata Anda benar. Menggunakan kacamata tua dengan resep yang sudah lama dapat menyebabkan kesulitan membaca, dan akibatnya ketegangan mata. Resep yang terlalu dikoreksi juga dapat menyebabkan ketegangan mata. Orang berusia di atas 40 tahun cenderung mengembangkan presbiopia (juga dikenal sebagai lao hua). Dalam kasus seperti itu, mengenakan kacamata baca dengan resep rendah (+1,00) dapat membantu meredakan ketegangan mata. Meskipun belum ada bukti konklusif, beberapa penelitian juga menyarankan mendapatkan kacamata dengan lensa pemantul cahaya biru atau anti-silau.

4. Gunakan obat tetes mata

Pendingin ruangan di kantor bisa membuat mata kering, sakit, atau gatal terasa lebih buruk. Jika Anda kesulitan untuk tetap fokus, tanyakan kepada dokter Anda tentang air mata buatan, yang dapat membantu menjaga mata Anda tetap segar sepanjang hari. Tidak hanya membantu meringankan gejala, mereka juga dapat membantu mengurangi kemungkinan iritasi atau infeksi.

5. Konsultasikan dengan Spesialis Mata

Terkadang, ketegangan mata atau penglihatan kabur dapat disebabkan oleh masalah mendasar pada mata seperti mata kering, glaukoma, katarak, dan degenerasi makula terkait usia. Jika Anda telah mengalami Computer Vision Syndrome yang berkepanjangan dan parah, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan spesialis mata. Deteksi dan perawatan dini dapat membantu mencegah kondisi mata yang serius.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *