Kanker & Stroke

APA ITU KANKER?

Istilah “kanker” mengacu pada sekelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel yang tidak normal. Tidak seperti sel normal, sel kanker membelah dan tumbuh tak terkendali, dan sel berlebih ini membentuk massa jaringan yang disebut tumor.

Tumor ini bisa bersifat non-kanker (jinak), yang jarang mengancam jiwa, atau berbahaya (ganas). Tumor ganas dapat membuat Anda sangat sakit karena mereka menghancurkan jaringan normal lainnya pada tubuh Anda. Namun, tidak semua jenis kanker membentuk tumor. Sebagai contoh, tumor jarang terjadi pada Leukemia, yang merupakan kanker darah atau sumsum tulang.

PENGOBATAN & REHABILITASI

Diagnosis dan pengobatan kanker sering melibatkan tim perawatan kanker yang terdiri dari profesional kesehatan, seperti dokter, perawat, dan pekerja sosial. Tim perawatan ini akan berkumpul untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai menerima perawatan terbaik. Tim perawatan akan merekomendasikan opsi perawatan yang cocok untuk orang yang Anda cintai, karena ini bervariasi dari orang ke orang. Beberapa perawatan umum meliputi: pembedahan, kemoterapi dan terapi radiasi.

Kanker dan perawatannya dapat menyebabkan orang yang Anda cintai mengalami beberapa efek samping fisik dan emosional, seperti kelelahan, kelemahan otot, dan ingatan yang buruk. Anda dapat membantu orang yang Anda cintai untuk mengelola gejala dan efek samping dari perawatan. Rehabilitasi profesional dapat membantu orang yang Anda cintai pulih dan kembali ke masyarakat. Anda juga dapat mendukung perjalanan pemulihan orang yang Anda cintai dengan memberi mereka dorongan untuk masalah yang mungkin mereka hadapi ketika menyesuaikan diri dengan “normal baru” mereka.

STROKE

Stroke terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu, yang menyebabkan kerusakan otak. Otak kita ditenagai oleh darah yang membawa oksigen dan nutrisi, yang dibutuhkannya untuk menjaga fungsi tubuh kita sehari-hari. Ketika suplai darah ini terputus, sel-sel otak mati dan otak yang terpengaruh tidak dapat mengontrol fungsi yang menjadi tanggung jawabnya. Karena bagian otak yang berbeda mengontrol fungsi yang berbeda, efek stroke dapat sangat bervariasi tergantung pada lokasi obstruksi di dalam otak dan jumlah jaringan otak yang terpengaruh.

SIAPKAN DIRI UNTUK RUMAH

Efek umum stroke adalah kecacatan fisik yang mungkin bertahan bahkan setelah orang yang Anda cintai tinggal di rumah sakit. Cara terbaik untuk mengatasi tantangan ini adalah untuk memastikan bahwa segala sesuatunya diatur di rumah, sehingga lebih mudah untuk membantu orang yang Anda cintai kembali ke kehidupannya sehari-hari.

  • Pertimbangan penting adalah modifikasi lingkungan rumah Anda, yang dapat membantu orang yang Anda cintai melakukan kegiatan sehari-hari dengan upaya yang lebih sedikit dan kemandirian yang lebih besar.
  • Independensi fungsional orang yang Anda cintai dapat terkena dampak setelah stroke. Untuk memastikan bahwa orang yang Anda cintai dapat terus memaksimalkan tingkat kemandiriannya dalam kegiatan sehari-hari, ia mungkin memerlukan alat bantu untuk membantunya bergerak.

REHABILITASI

Rehabilitasi stroke bermanfaat bagi sebagian besar pasien stroke, dan memainkan peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan orang yang Anda cintai untuk melakukan tugas sehari-hari mereka, dan juga dalam mengurangi komplikasi di masa depan. Bicaralah dengan ahli fisioterapi Anda untuk memahami lebih lanjut tentang potensi rehabilitasi dan pilihan untuk orang yang Anda cintai.

PEDULI DIRI SENDIRI

Ada juga kelompok pendukung yang dapat Anda hadiri sendiri atau bersama orang yang Anda cintai jika Anda merasa perlu berbicara dengan pengasuh lain yang merawat pasien stroke juga. Kelompok pendukung memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengalaman pribadi, perasaan, dan kiat tentang cara merawat orang yang Anda cintai. Yang paling penting, itu membawa Anda bersama dengan orang-orang yang sedang mengalami atau telah melalui pengalaman serupa, sehingga Anda tidak harus berjalan melalui perjalanan ini sendirian.